Home Berita Gempuran Roket Hamas Tembus Pertahanan Iron Dome Israel

Gempuran Roket Hamas Tembus Pertahanan Iron Dome Israel

306
0

 

Ribuan warga Israel hidup dalam ketakutan terkena serangan roket Hamas yang mampu menembus pertahanan terakhir Iron Dome Israel.

Gencatan senjata dengan Hamas menjadi tema penting yang diwacanakan pejabat-pejabat militer dan politik Israel belakangan ini.

Kondisi beberapa bangunan di israel setelah gempuran roket Hamas Palestina

Pejabat politik Israel mengatakan mereka mengharapkan operasi militer di Gaza akan berakhir “dalam beberapa hari” ini setelah militer Israel dan Hamas menyelesaikan tujuan utama mereka.

Sebelumnya PM Israel Benjamin Netanyahu mengatakan serangan di Gaza akan “memakan waktu selama diperlukan untuk memulihkan ketenangan warga Israel.”

Israel menyatakan memang sejauh ini belum mengadakan pembicaraan gencatan senjata. Para pejabat pertahanan dan politik mengidentifikasi tiga kemungkinan jalan untuk memberikan ketenangan rakyat Israel.

BACA JUGA  Kades Penandingan Tertangkap Tangan Bawa Ineks di Cafe

Ketiganya adalah mediasi Mesir, mediasi PBB, atau gencatan senjata sepihak di pihak Israel –sebuah langkah yang kemungkinan besar akan dibalas oleh Hamas.

Sumber-sumber Israel percaya Hamas telah memenuhi banyak tujuan utamanya dalam konflik kali ini.

Tujuan-tujuan Hamas yang dimaksud Israel adalah Hamas memposisikan diri sebagai pembela Masjid Al-Aqsa, Hamas memperkuat pijakannya di Tepi Barat, dan agar Yahya Sinwar bisa menggantikan Presiden Mahmoud Abbas.

Hamas telah menembakkan ribuan roket ke sejumlah kota-kota Israel meski ditahan Iron Dome. Namun banyak roket Hamas yang mampu menembus sistem pertahanan Iron Dome dan menyebabkan korban jiwa warga sipil Israel.

BACA JUGA  Korban Kecelakaan Yang Terjadi Di Tebing Itam Ternyata Pemilik Motor FU Merupakan Pasangan Baru menikah

Pada saat yang sama, para menteri luar negeri Uni Eropa gagal mencapai kesepakatan bulat tentang kata-kata deklarasi gencatan senjata Israel-Hamas karena oposisi Hongaria.

Menteri Luar Negeri Uni Eropa Josep Borell mengatakan ada kesepakatan luas bahwa “prioritas utama adalah penghentian segera semua kekerasan dan pelaksanaan gencatan senjata”.

Respons Gencatan Senjata dari Hamas

Seorang pejabat senior Hamas mengatakan kepada New York Times bahwa mereka siap untuk gencatan senjata. Israel menuntut agar Hamas menghentikan serangan-serangan mereka tanpa tindakan timbal balik.

Wakil kepala biro politik Hamas, Mousa Abu Marzook, mengatakan kepada New York Times bahwa Israel menuntut secara sepihak kepada Hamas untuk berhenti menyerang Israel selama dua hingga tiga jam sebelum Israel mengambil keputusan.

BACA JUGA  KPUD PALI Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati PALI

Abu Marzook memperingatkan bahwa tembakan roket akan terus berlanjut jika Israel terus menggusur keluarga Palestina di Yerusalem Timur atau melanjutkan kekerasannya di sekitar Masjid Al-Aqsa.

Sumber anonim yang terlibat dalam negosiasi mengatakan bahwa Mesir dan PBB bekerja sama untuk “memulihkan ketenangan.”

Namun, seorang pejabat senior pemerintah Israel mengatakan bahwa mereka belum menghentikan operasi mereka, mengutip kekhawatiran bahwa Hamas dapat melakukan gencatan senjata lebih awal untuk mengatur ulang dan menyerang Israel.

Menurut sumber itu, Israel tertarik untuk membangun ketenangan yang langgeng.

Sumber : Net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here