Home Banyuasin Pelatihan Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) Desa Sembawa

Pelatihan Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) Desa Sembawa

866
0

BANYUASIN MATAKITA.CO.ID – Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) adalah sistem informasi yang dikembangkan untuk membantu peningkatan kinerja pembangunan berdasarkan partisipasi masyarakat,baik dalam perencanaan, implementasi, maupun dalam pelaporannya.

“SIPBM dikembangkan dalam rangka memberi peluang kepada para penentu kebijakan, pemangku kepentingan, dan anggota masyarakat untuk berpartisipasi menuntaskan dan mencari solusi permasalahan pembangunan yang ada di wilayah nya masing-masing khususnya di Kec Sembawa ini,”ungkap Hendri Kepala Desa Sembawa Kamis,26/12/2019

Sementara Camat Sembawa Hj.Nurlaila SOS.MSI dalam sambutanya berterimakasih untuk tenaga ahli dari kabupaten ibu Rismarini dan Nurahwati,dan para undangan lain yang tidak bisa di sebutkan satu-persatu dan kepada awak media yang berkenan hadir untuk meliput kegiatan pelatihan ini.dengan Pelatihan sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) ditujukan untuk membangun pangkalan data dan informasi pembangunan yang bersifat mikro (by name by address) dalam rangka membantu peningkatan kinerja pembangunan dan kemandirian masyarakat untuk menuntaskan dan mencari solusi pembangunan yang ada di wilayahnya.

BACA JUGA  Warga Desa Mainan Sembawa Penuh Kreativitas Mampu Mengelola Bahan Bekas Menjadi Produk Produk Unggulan

SIPBM merupakan suatu program pendataan berbasiskan sensus yang akan mendatangi rumah per rumah dalam kategori Kepala Keluarga (KK). Sehingga apabila dalam suatu rumah terdapat 2 atau 3 KK maka 2 atau 3 KK itu akan didata secara terpisah.

Data SIPBM yang di isian Instrumen Keluarga (IK) sangat komplit yang meliputi keterangan kepala keluarga, perumahan, sanitasi dan penerangan, kesehatan, fasilitas pendidikan, pengeluaran keluarga dan data lengkap keluarga. Sangat membantu program-program desa karena semua lengkap nama dan alamatnya. Maka jika desa ada program jamban sehat maka SIPBM jadi rujukan datanya.

BACA JUGA  Mulai Hari Ini, RSUD Prabumulih Batasi Pengunjung untuk Antisipasi Corona

“Nantinya data SIPBM akan dijadikan rujukan utama dalam proses RPJMDes dan RKPDes, karena komplit by name by addres di SIPBM ini. SIPBM mampu menjadi salah satu sumber utama dalam proses penyusunan sistem perencanaan pembangunan desa.dengan pelatihan ini kiranya dapat di serap mempaat dari pelatihan ini,”terang Nurlaila

Laporan : Adi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here